Rabu, 01 April 2015



Distributor: Warner Brothers.
Cast: Will Ferrell, Zack Galifianakis, Dylan McDermott, Jason Sudeikis.
Director: Jay Roach.
Screenwriters: Chris Henchy and Sean Harwell.
Producers: Will Ferrell, Zack Galifianakis, Jay Roach, Adam McKay.
Genre: Comedy.
Rating: R for crude sexual content, language and brief nudity.
Running time: 84 min.
Release date: Aug. 1
Untuk kesekian kalinya industri perfileman Holiwood telah berhasil memberikan sajian hiburan terhadap publik. kenapa tidak tiga tahun yang lalu tepatnya pada 10 agustus 2012 sebuah film berjendre komedi tayang perdana di Amerika serikat, film dengan judul The Campaign yang disutradarai oleh Zach Roach ini berhasil memukau publik dengan  komedi-komedi politik yang di sajikan secara vulgar Dimana diceritakan di Film tersebut adanya persaingan antara Cam Brady yang diperankan oleh seorang Will Ferrel dan Marty Huggins yang diperankan oleh Zach Galifianakis dalam memperebutkan posisi politik yaitu, menjadi anggota senat North Carolina.  
Dikisahkan pada awalnya Marty Huggins adalah seorang pria biasa yang merupakan ayah dari dua orang anak. Namun adanya keinginan dan kemauan untuk dapat menjadi anggota senat North Carolina. Ia membawa misi – misi dan impian yang sangat “bersih” bagi wilayahnya jika kelak ia terpilih, selain itu ia ingin pula dapat membuktikan kepada ayahnya bahwa ia mampu membagakan ayahnya yang selama ini selalu menganggap dirinya bodoh dan tidak berguna. Marty Huggins adalah seseorang yang sangat ramah, tulus, memiliki banyak mimpi – mimpi dalam kehidupannya namun juga sosok yang “ freak” sejak kecil. Tumbuh dengan tubuh yang besar dan juga sifat yang sangat polos ia selalu menjadi bahan tertawaan oleh teman – temannya. Sangat bertolak belakang dengan rivalnya yaitu Cam Brady yang merupakan seorang pria yang sangat ambisius, berkuasa, tegas dan juga angkuh. Ia juga rela melakukan berbagai cara demi mendapatkan posisi sebagai anggota senat pada periode tersebut. Pada awalnya ia sangat terkejut dan meremehkan lawannya Marty Huggins yang ia anggap sangat tidak pantas untuk bersaing dengannya. Namun itu semua menjadi “bumerang” ketika Marty Huggins memiliki tim kampanye dan juga komunikator politik yang handal dan membuat kampanye Cam Brady menjadi tersendat – sendat. Menjelang hari pemilhan, keduanya terlibat dalam perdebatan yang memanas, di mana celaan dan ejekan berubah menjadi perlawanan fisik yang akhirnya malah mengundang gelak tawa!
Film ini sangat perlu ditontonton oleh orang-orang yang memiliki minat dan ekspektasi lebih terhadap dunia Politik baik itu mahasiswa ilmu politik ataupun para aktor politik lainnya sebagai sebuah refleksi atau cerminan akan sebuah kenyataan dan label yang jelas dari publik terhadap dunia perpolitikan. Gambaran negatif Publik terhadap Politik, ketidak percayaan publik terhadap aktor politik, dan kemerosyotan moral dalam menjalankan politik digambarkan dengan jelas dalam film The Campaign ini, alur cerita yang menggambarkan seseorang bisa melakukan apapun dengan cara apapun dalam mendapatkan kepentingannya, sekilas Zach Roach yang merupakan sutradara dari film ini mencoba menggambarkan bahwa dalam politik kepentingan-kepentingan segelintir kelompok akan selalu mewarnai dan mengesampingkan nilai-nilai moral dan etika, tapi apakah benar dunia perpolitikan demikian ? tidak bisa dipungkiri hal itu juga bagian dalam kehidupan politik secara luas, pergulatan kepentingan dan cara dalam menempatkna dan menjalankan kepentingan adalah salah satu objek utama dari politik, tapi dalam memahami politik tidak hanya kepentingan yang dibahas tetapi nilai-nilai lain moral dan etika menjadi kunci dalam menjalankan tafsir utama dari politik itu sendiri sebagai usaha menggapai kehidupan yang baik.

Konotasi negatif dan contoh yang jelas akan kebobrokan dunia perpolitikan seharusnya menjadi sebuah dorongan untuk terus berbenah dan terus mencoba memperbaiki dan mencari jalan yang terbaik dalam menjalankan Politik secara umum, karena sejatinya segala aktifitas kehidupan manusia akan selalu diwarnani dan mewarnai politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar